Di dalam Pembukaan UUD'45 telah diamanatkan bahwa mencerdaskankehidupan bangsa adalah merupakan salah satu tujuan dari penyelenggaraan negara. Halini mengisyaratkan kepada kita bahwa pembangunan bangsa clan negara dapatdilaksanakan dengan sebaik-baiknya berbasis pada tingkat pendidikan bangsa itusendiri. Semakin tinggi tingkat pendidikan bangsa tersebut clan dilandasi dengan akhlaqyang baik, maka untuk memajukan clan mengembangkan kehidupan berbangsa clanbemegara tentu bukan merupakan masalah yang sulit.Pendidikan mempunyai arti yang sangat penting karena peranannya yang sangat dominan dalam pengembangan negara. Saat ini sekitar 70% rakyat Indonesiaberpendidikan pada tingkat sekolah dasar, yang apabila dipilah lagi maka hampirseparoh diantaranya tutus SD clan yang lainnya pemah mengenyarn pendidikan SD ataubahkan tidak pemah sekolah sarna sekali. Sementara itu pada saat yang sarna Malaysiamempunyai data yang berbeda, yakni bahwa sekitar 80% rakyatnya berpendidikan padatingkat SMU. Tentu saja hat ini akan mempunyai akibat yang berbeda pada saat segenapkomponen masyarakat berperan dalarn melaksanakan tugas dan fungsinya masingmasmg. Dalam skala nasional peranan pendidikan mempunyai nilai yang sangatstrategis. Tidak hanya karena pelaku pendidikan adalah SDM mud a yang biasanyabercirikan penuh kreatifitas clan semangat yang pantang menyerah, melainkan jugakarena pemberdayaan potensi sumber clara alam clan budaya mutlak diperlukan, baik diera otonomi daerah maupun di era perdagangan bebas.Kemajuan pendidikan nasional tentu akan berdampak pada pencapaian idealitayang bercirikan kepada kemandirian sebagai bangsa. Namun hingga saat ini realitaberbicara lain kepada kita yaitu adanya ketergantungan Indonesia terhadap pihak luar,baik ekonomi maupun teknologi. Hal ini telah mengajarkan kepada kita bahwa ketergantungan kepada pihak aging ternyata dalam banyak hat telah menjadikan bangsaini lama menderita, clan penderitaan tersebut harus ditanggung oleh segenap komponen,bangsa. Sementara itu laju teknologi terns berjalan, yang bemuansakan semakin efektif,semakin efisien, semakin berkualitas, kuantitas semakin dapat diharapkan, tingkatkeselamatan yang tinggi, mudah dioperasikan, lebih ekonomis dlsb. Karenanya untukmembawa para mahasiswa dalam pengenalan clan penguasaan iptek maka diperlukanstrategi yang tepat di perguruan tinggi untuk mencapainya. SenoadiKetua Jurusan Teknik Mesin, Fak. Teknologi Industri, Univ. Trisakti dan As Natio LasmanPusat Pengembangan Sistem Reaktor Maju -BAT ANDirektur Riset ISTECS (Institut for Science and Technology Studies) Jakarta
