Google
 

Radiasi dan Tubuh Kita

>

Setiap Hari Kita Kena Radiasi.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan menambah Ilmu pengetahuan bagi kita.
 
Dalam tulang manusia terdapat polonium radioaktif dan radium radioaktif. 
Pengertian radioaktif adalah sifat dari sesuatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat itu yang tidak stabil. Otot kita mengandung karbon radioaktif dan kalium radioaktif, dan dalam paru-paru kita terdapat gas mulia radioaktif dan tritium. Zat-at ini dan banyak zat lainnya secara terus menerus memancarkan radiasi dan menyinari tubuh kita dari dalam. Selain itu kita juga terkena radiasi dari zat radioaktif alam dan buatan yang kita makan dan minum setiap hari.


Setiap waktu kita terkena radiasi baik dari bumi dan angkasa. Selain pembangkit listrik tenaga nuklir, pembangkit dari batubara, minyak, gas, gambut juga mengeluarkan sejumlah radioaktif ke lingkungan. Sebagian dosis radiasi yang kita hirup setiap hari berasal dari bahan bangunan rumah kita, radon namanya.
Rumah kita bisa juga mengandung zat radioaktif yang kita bawa ke dalam rumah. Zat tersebut digunakan pada jarum arloji, tombol listrik dan kompas yang berpijar dalam gelap, ornamen porselen tertentu, dan layar televisi kitapun mengeluarkan radiasi.

Kesehatan kita dilindungi oleh radiasi, saat kita menjalani pemeriksaan dengan sinar-X dan mammografi, atapun saat melakukan pemeriksaan dan pengobatan medik yang memerlukan zat-zat radioaktif yang disuntikkan kedalam tubuh kita. 

Contoh-contoh ini secara jelas menunjukkan bahwa tidak semua radiasi berbahaya. Sebaliknya, memang benar radiasi bisa membunuh dengan cepat atau secara perlahan. Oleh karena itu baik untuk diketahui, kapan seseorang takut terhadap radiasi dan kapan seharusnya tidak takut. Manakah yang fakta dan mana yang fiksi. (Batan)