Google
 

Membaca Perasaan Dan Emosi

>

Cara membaca perasaan dan emosi lewat ekspresi wajah 


Sebenarnya dapat kamu lakukan dengan mudah yaitu dengan cara mencermati lawan bicara kamu saat berdialog. Mungkin kamu sering mendengar istilah senyuman palsu. Tahukah kamu jika istilah tersebut bukan hanya sekedar istilah saja?. Senyuman jenis ini kerap terkembang di wajah seseorang bukan karena dilandasi ketulusan dari hati akan tetapi senyuman ini biasanya hanya sebagai pemanis wajah saja yang bertujuan sekedar mengapresiasi lawan bicara. Meskipun pada kenyataannya, orang tersebut tidak tertarik untuk melanjutkan pembicaraan.

Ekspresi wajah merupakan komunikasi non verbal manusia yang kerap muncul secara spontan. Tak seperti bahasa verbal yang dapat di koordinasikan, ekspresi wajah umumnya terjadi tanpa disengaja (alam bawah sadar). Membaca emosi seseorang lewat ekspresi wajah bisa diperhatikan dengan melihat gerak-gerik serta perubahan yang terjadi pada wajah seseorang.

Lazimnya ekspresi wajah dapat di deteksi dengan mudah karena gampang terlihat. Namun ada juga ekspresi sekilas yang nampak di wajah seseorang. Ekspresi jenis ini yang dinamakan mikro ekspresi. Mikro ekspresi ini muncul hanya sepersekian detik saja. Namun jika mikro ekspresi ini "tertangkap" oleh kamu, maka sebenarnya kamu sudah tahu bagaimana perasaan orang tersebut secara keseluruhan.


Tips mengenali perasaan dan emosi lewat ekspresi wajah
 
Senyuman yang tidak tulus dari hati
 
Senyuman yang tidak tulus dari hati atau yang sering disebut sebagai senyuman palsu memiliki ciri-ciri antara lain gerakan otot-otot wajah di sebelah kiri akan lebih memainkan peranan sehingga senyuman akan terlihat asimetris atau tidak seimbang antara senyuman sebelah kiri dan kanannya. Selain itu, senyuman yang terkembang tanpa ketulusan ini juga hanya menciptakan garis kerutan pada salah satu sudut bibir saja. Nah, jika lawan bicara kamu memiliki ekspresi wajah yang seperti ini, itu artinya ia hanya sekedar mencoba untuk bersikap ramah saja terhadap kamu.

Pupil yang membesar
 
Banyak orang bilang jika mata adalah jendela hati. Hal itu memang benar adanya sebab saat kamu berbicara dengan seseorang dan pupil matanya terlihat membesar, maka sebenarnya ia merespon dengan rasa ketertarikan dan semangat terhadap percakapan tersebut.

Gerakan bola mata
 
Secara sederhana jika gerakan bola mata ke kanan itu menandakan lawan bicara kamu tengah berpikir tentang masa depan. Hal ini dikarenakan gerakan mata ke kanan langsung terkait dengan otak kanan yang berfungsi sebagai bagian otak kreatif atau imajinatif. Sedangkan gerakan bola mata ke kiri itu menandakan jika ia tengah berpikir tentang masa lalu. Gerakan mata ke kiri terkait dengan otak bagian kiri yang berfungsi sebagai memori, logika serta pengumpulan informasi pengalaman-pengalaman di masa lalu.

Biasanya, saat orang berkata jujur, gerakan kedua matanya akan memiliki kecenderungan untuk bergerak ke bagian kiri atas. Nah, dari gerakan sederhana ini kamu bisa tahu apakah lawan bicara kamu berkata jujur atau tidak.

Bibir yang terangkat keatas
 
Saat kamu berbicara dengan seseorang, cobalah sesekali untuk memperhatikan mulutnya. Ketika bibir di bagian atas terangkat atau meninggi melebihi batas biasanya dengan ekspresi bibir bagian bawah membentuk segi empat, maka hal tersebut sudah sangat jelas jika ia tidak bersungguh-sungguh ingin mendengarkan kamu atau kemungkinan ia sedang tidak jujur.

Bibir sedikit terbuka
 
Berbeda dengan poin sebelumnya, jika kamu sedang berbicara dengan seseorang dan lawan bicara kamu bibirnya sedikit terbuka, maka itu artinya ia merasa tertarik dengan pembicaraan tersebut.

Menutup mata saat sedang mengobrol
 
Saat lawan bicara kamu terlihat sering menutup mata saat berbicara, itu bisa mengindikasikan beberapa tanda-tanda. Tanda yang pertama adalah karena ia tengah berpikir keras untuk menyusun kata-kata atau mungkin ia tengah galau membayangkan sesuatu. Dan tanda yang kedua yaitu sebenarnya ia sudah lelah dengan diskusi tersebut dan ingin segera mengakhirinya.

Terlalu sering berkedip
 
Terlalu sering berkedip tanpa adanya ritme yang teratur merupakan tanda yang jelas jika lawan bicara kamu sedang berkata yang tidak jujur.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat kamu coba untuk mengetahui bagaimana ekspresi seseorang terhadap kamu saat terlibat dalam sebuah percakapan. Jika kamu mengetahui ekspresi wajah lainnya dan ingin berbagi dengan pembaca, silakan saja di share disini dengan berkomentar.